Minggu, 28 Juli 2013

Tanaman Obat Tradisional


sumber : http://obatalternatiftradisional.blogspot.com/2012/04/ramuan-jamu-tradisional.html.

Obat tradisional merupakan warisan nenek monyang secara turun menurun yang didapat dari bermacam-macam tumbuhan. Tanaman obattradisional dapat tumbuh disekitar kita yang kadang tidak diketahui manfaat dan kegunaannya. Berikut ini ada beberapa tanaman obat trasional yang banyak tumbuh di Indonesia:
  1. Mengkudu, secara keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus.
  2. Daun dewa,  banyak manfaat daun dewa untuk kesehatan, seperti mengobati kencing manis, diabetes, dan penyakit dalam yaitu dengan cara meminum air rebusan daun tersebut yang sudah dikeringkan. Daun dewa juga dapat digunakan sebagai obat penyakit kutil, cara penggunaan yaitu potong2 daun dewa lalu tempel pada kutil anda,ikat dengan kain atau hansaplast. niscaya kutil anda akan hilang.
  3. Kencur, dipakai orang sebagai tonikum dengan khasiat menambah nafsu makan sehingga sering diberikan kepada anak-anak.
  4. Mahkota dewa, manfaatnya untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, mengurangi kandungan kolesterol serta mengurangi penumbunan lemak pada dinding pembuluh darah, mengurangi kadar risiko penyakit jantung koroner, mengandung antiinflamasi (antiradang), berfungsi sebagai anti-oksidan, membantu mengurangi rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembengkakan, berfungsi sebagai anti histamin (antialergi), bersifat detoksifikasi yang dapat menetralisir racun di dalam tubuh, sumber anti bakteri dan anti virus, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula dalam darah, mengurangi penggumpalan darah. 

Tidak ada komentar: