Sabtu, 17 Agustus 2013

Tips Hindari Sakit Punggung

Kamu sering sakit punggung? Punggung terasa sakit memang hampir setiap orang mengalaminya, kadang kerap kadang sekali-kali saja. Sakit punggung yang harus diwaspadai adalah sakit punggung yang disertai sakit kepala, tak bisa tidur, kaku pada leher, sakit persendian, mati rasa di lengan atau tangan, dan mati rasa atau sakit di kaki. Ada beberapa tips yang dapat dicoba untuk menghindari serangan sakit punggung:
http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTCJIliEw6dbpz1LSqKvyfrmm2f3nqEf9CZCjIFPvfazyF-vwUSCg
1. Pada saat bangun tidur, lakukanlah pereganngan atau menggeliatlah dulu untuk mengendurkan otot-otot.
2. Perhatikan posisi tubuh saat duduk, berdiri, dan berjalan. Usahakan untuk selalu berada pada posisi dengan tulang belakang tegak.
3. Jangan memaksakan diri untuk berlama-lama pada satu posisi saja.
4. Jika bekerja pada posisi yang memudahkan terjadinya serangan kram, sesekali harus bangun, melakukan perenggangan otot, dan melemaskan otot yang paling mungkin terkena kejang.
5. Hindari mengangkat barang yang terlalu berat.
6. Jika pekerjaan mengharuskan Anda membungkuk, upayakan lebih banyak menggunakan kaki dibanding punggung. Jaga agar badan dalam keseimbangan yang baik.
7. Terakhir, sakit bukan hal normal. Itu adalah peringatan bahwa ada sesuatu yang salah. Konsultasikan dengan ahli atau dokter, untuk penanganan lebih lanjut.

sumber :  http://sijanggut.blogdetik.com/2013/07/01/tips-hindari-sakit-punggung/

Tidak ada komentar: