Sabtu, 17 Agustus 2013

Mencegah Batu Ginjal dan Pusing/sakit kepala dengan Jeruk Nipis

Buah yang satu ini memang banyak manfaatnya untuk kesehatan dan bumbu dapur. Tak cuma pas sebagai bahan pembuat minuman, atau penyedap masakan, khasiat jeruk nipis juga terbukti untuk kesehatan, salah satunya mencegah batu ginjal.
Menurut penelitian, jeruk nipis mengandung asam sitrat, asam amino, minyak atsiri, glikosida, asam sitrun, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang, vitamin B, dan C.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi_5OwrilMwVPUYx0gvLVRXJCq3Nhtp_PYMCOWa9pJNT8PStBnzQ6vp_2wqiSrIb363v7UyMC99iEz_P7YOc3vinwcIWEOiD73uDr4guylABKH8XNslcMPhdvezA4ikQdG1JwFYF9o_W3x_/s400/jeruk+nipis.jpg
Nah, seperti termuat di situs Perhimpunan Peduli Ginjal Hipertensi Indonesia (Perdughi), Agar terhindar dari batu ginjal, disarankan supaya minum perasan air jeruk nipis sesaat sesudah makan malam. Ini karena biasanya, kandungan asam sitrat dalam air kemih pada penderita batu ginjal paling rendah pada malam dan dini hari. Air perasan jeruk nipis itu diencerkan dengan dua gelas air.
Tidak pelu terlalu cemas dengan gangguan lambung gara-gara minum air jeruk nipis. Perasan jeruk nipis yang dikonsumsi sesudah makan malam, dilaporkan tak menimbulkan keluhan lambung. Selain mencegah munculnya batu ginjal, jeruk nipis juga bermanfaat mencegah kekambuhan batu ginjal, khususnya batu ginjal jenis kalsium idiopatik.

sumber :  http://sijanggut.blogdetik.com/2013/04/15/mencegah-batu-ginjal-dengan-jeruk-nipis/

 Pusing atau sakit kepala terkadang datang secara tiba-tiba tanpa bisa kita hindari, hampir semua orang di dunia ini pernah mengalami penyakit ini. banyak sekali penyebab dari sakit kepal, baik yang berpengaruh dari fisik tubuh kita maupun dari pikiran kita, diantaranya adalah kecapekan, terlalu banyak kerja dan pikiran hal lainnya.
Umunya orang yang sakit kepala biasanya mengkonsumsi obat kimia, namun jika terlalu sering tidak bagus untuk kesehatan, ada baiknya anda mencoba ramuan tradisional dari tanaman obat dan tanpa efek samping. Berikut tanaman obat untuk atasi sakit kepala:
- Daun Jeruk nipis 1/2 gengam dan Jeruk Nipis 1 butir. Daun Jeruk Nipis digerus halus, kemudian masukkan ke dalam gelas dan dibubuhi perasan air jeruk nipis, Kemudian Gosokan ramuan tersebut ke Bahu, Tengkuk dan pelipis. Lakukan 2 kali sehari.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgrjltP9nnaKIXpbaxp4VahucV0UFlL4SI5Jz92MS1fmkAUZ-iwwCReM9M49HTdpQgGR3AdE43kFk4Tzj_Dt6wcc2wTSRD9aO2wKqamGytG4CYjaWbx7vx0t84jXaiw0ooHZgATlwKMJgNO/s1600/jeruk-nipis.jpg
- Ambil daun dan batang kangkung sebanyak genggam, cuci sampai bersih kemudian asapkan sebentar. Makan sebagai lalapan bersama dengan nasi 2-3 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
- Ambil daun cocor bebek 10 lembar, cuci sampai bersih lalu digiling sampai halus, selanjutnya bubuhi dengan garam secukupnya. Lalu gunakan ramuan tersebut untuk menggosok pelipis dan dahi sebanyak 1-2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
- Minumlah wedang teh kental 1 cangkir, diberi air jeruk nipis 1 sendok makan dan sedikit garam (tanpa gula tetapi boleh dengan madu)
- Ambil kacang hijau satu cangkir, cuci sampai bersih. Lalu rebus dengan volume air 3 gelas sampai mendidih, biarkan selama kurang lebih 15 menit, atau sampai suam-suam kuku, airnya diminum dan kacangnya dimakan 2 kali sehari

sumber :  http://sijanggut.blogdetik.com/2013/04/10/obat-tradisional-untuk-atasi-sakit-kepala/

1 komentar:

Toko herbal online mengatakan...

terimakasih info dan tips nya ya gan
salam kenal saja
sukses selalu amin